4 Tips Hidup Sehat Usai Menjalani Operasi Kista Ovarium

4 Tips Hidup Sehat – Kista ovarium merupakan salah satu jenis penyakit atau masalah kesehatan yang sangat serius yang banyak ditakuti oleh wanita. Sebenarnya keberadaan kista cenderung tidak menyebabkan gejala, tetapi jika sel kista tersebut pecah maka akan menimbulkan beberapa gejala berupa perut kembung, mual, muntah, lebih cepat merasa kenyang, dll. 

4 Tips Hidup Sehat

Tidak sedikit pula kemungkinan penderita kista ovarium dapat mengalami gejala meskipun kista tersebut belum pecah. Kista yang sudah parah biasanya dokter menganjurkan untuk melakukan tindakan operasi. Namun tindakan operasi bukanlah hal yang mudah, bahkan jika kita sudah melakukan tindakan operasi tentunya kita juga perlu melakukan beberapa perawatan agar cepat sembuh dan juga sehat kembali. 

Nah, agar cepat sembuh dan dapat beraktivitas seperti normalnya, sebaiknya terapkan serangkaian pola hidup sehat setelah melakukan operasi kista ovarium. 

4 Tips Hidup Sehat Usai Menjalani Operasi Kista Ovarium

  • Istirahat Total 
    Melakukan tindakan operasi untuk pengangkatan kista ovaroum biasanya melibatkan pengguna anestesi atau biasa disebut dengan obat bius. Penggunaan obat bius sebenarnya menimbulkan efek samping yang berbeda pada setiap pasiennya. Terkadang penggunaan obat bius tersebut menyebabkan pasien merasa sangat lemas, bahkan tidak bisa befikir secara jernih. 

    Oleh sebab itu, dokter selalu menyarankan pasiennya untuk selalu beristirahat dengan total. Namun anda juga harus mengetahui satu hal, bahwa beristirahat terlalu lama juga sangat kurang baik untuk kesehatan. Bahkan dapat memicu munculnya sejumlah kesehatan, termausk melemahnya otot-otot tubuh. 
  • Patuhi Aturan Pola Makan 
    Dan yang paling terpenting setelah melakukan operasi kista ovarium yaitu mematuhi aturan pola makan, karena jika kita mengkonsumsi makanan secara sembarangan, maka kemungkinan besar kista akan muncul kembali. Selain mematuhi aturan pola makan, anda juga harus mengkonsumsi banyak cairan yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap terhidrasi secara optimal. 
  • Jangan Lupa Jadwal Minum Obat 
    Setelah operasi kista ovarium selsai, tentunya dokter akan memberikan beberapa resep jenis obat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh anda. Jangan lupa untuk selalu minum obat tersebut agar lekas sembuh. 
  • Melakukan Pemeriksaan Kembali Kedokter 
    Dan setelah melakukan beberapa aturan diatas, anda juga perlu melakukan pemeriksaan kemabli pada dokter untuk mengecek apakah kondisi tubuh anda sudah sehat, dan juga mengecek apakah masih ada permasalahan diorgan reproduksi anda.

BACA JUGA : CIRI KISTA SAAT HAMIL

Dan itulah 4 tips hidup sehat usai jalani operasi kista, semoga informasinya bermanfaat. Amiiiinnn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *