Bahaya Kista Bagi Kesehatan

Bahaya Kista – Kista merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat banyak ditakuti oleh oleh semua kaum wanita. Kista dapat terjadi pada siapa saja, Namun kista lebih sering terjadi pada wanita yang masih berusia muda dibandingkan dengan wanita yang sudah memasuki usia lebih dewasa. Penyebab kista ovarium pada remaja belum diketahui secara pasti sampai saat ini. Namun, beberapa faktor makanan yang tidak sehat dapat memicu penyakit yang satu ini. 

Kista ovarium menjadi salah satu jenis kista yang paling umum dan paling banyak di derita oleh banyak wanita. Biasanya kista ini lebih sering ditemui pada wanita yang masih memiliki usia produktif. Banyak orang yang takut dengan penyakit yang satu ini, karena penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menghambat proses kehamilan. Oleh karena itu kista ovarium banyak ditakuti oleh semua orang terutama kaum wanita. 

Apa Itu Kista ? 

Kantung yang berisi cairan kental seperti nanah, yang terdapat didalamnya. Kista merupakan jenis tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Meski termasuk jenis tumor jinak, namun penyakit yang satu ini juga tidak boleh disepelekan. Karena jika tumor yang satu ini  disepelekan dan dibiarkan tanpa melakukan pengobatan, maka akan menimbulkan bahaya atau menimbulkan risiko yang merugikan kesehatan tubuh. 

Bahaya Kista Bagi Kesehatan

Bahaya Kista Bagi Kesehatan

Adapun beberapa Bahaya Kista Bagi Kesehatan antara lain : 

  • Kista pecah 
    Bahaya Kista Bagi Kesehatan  yang pertama yaitu kista menjadi pecah, hal tersebut dapat terjadi jika kista tidak segera ditangani dengan benar, sehingga mengakibatkan kista menjadi pecah. Jika hal tersebut terjadi, maka kista yang sudah pecah akan menyebar pada anggota tubuh lainnya. Biasanya apabila kista menjadi pecah biasanya akan ditandai dengan flek darah atau mengalami pendarahan pada bagian dalam, tanda penyakit kista umumnya timbulnya rasa nyeri atau rasa sakit yang begitu hebat. 
  • Torsi Ovarium 
    Torsi ovarium merupakan perputaran atau pergeseran ketika ukuran kista semakin membesar dan membuat posisi ovarium menjadi bergeser. Akibatnya, kondisi tersebut membuat kista aliran darah menuju kista ovarium menjadi terhenti, sehingga membuat kerusakan parah pada ovarium. 
  • Komplikasi kehamilan
    Perlu untuk anda ketahui, Bahaya Kista Bagi Kesehatan yang harus kalian ketahui yaitu mengalami komplikasi kehamilan. Banyak wanita yang tidak mengetahuinya jika dirinya memiliki kista ovarium, sehingga ketika wanita hamil melakukan pemeriksaan dengan USG Kehamilan, maka disitulah kista baru diketahui. 
  • Kanker Ovarium 
    Pada kasus kista ovarium yang tidak segera diobati akan menimbulkan kanker ovarium. Banyak kasus seperti ini yang sudah terjadi, hal tersebut disebabkan karena penyakit kista yang tidak segera diobati, sehingga menyebabkan munculnya kanker ovarium. 
  • Komplikasi Penyakit 
    Kista yang tidak segera diobati juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi penyakit sepeti gangguan pada usus, gangguan pada kandung kemih, dll. 
Semoga bermanfaat
Salam sehat,

2 thoughts to “Bahaya Kista Bagi Kesehatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *