Ciri-Ciri Kista Saat Hamil Yang Harus Diwaspadai

Ciri-Ciri Kista Saat Hamil – Kista merupakan kantung yang berisi cairan yang dapat muncul didalam tubuh dan indung telur. Kista ini lebih banyak ditemui pada orang yang masih usia muda, biasanya kista tumbuh  disebabkan karena gangguan pada siklus menstruasi. 

Meski lebih sering terjadi pada wanita remaja, Namun kista ovarium juga dapat tumbuh pada ibu hamil. Ada dua jenis kista yang muncul pada indung telur saat hamil, yaitu kista ovarium fungsional, dimana kista ini sering ditemukan pada wanita tetapi tidak berbahaya dan mengancam jiwa. Dan yang kedua yaitu kista ovarium patalogis yang dimana kista ini akan tumbuh besar seiring berjalannya waktu apabila tidak segera ditangani dengan benar. 

Informasi yang dibutuhkan : Perbedaan miom dan kista | Waspada jenis makanan pemicu kista 

Kista yang tumbuh pada saat hamil bisa saja disebabkan karena peningkatan hormon estrogen saat hamil, atau bahkan mempunyai  riwayat kista sebelumnya. Kondisi kista saat hamil sebenarnya tak tentu menyebabkan masalah hal tersebut tergantung pada ukuran dan letak kista tersebut. 

Jika kista tumbuh dengan ukuran yang kecil, maka kista tersebut tidak akan berbahaya. Namun, meski tidak berbahaya memeriksakan diri lebih lanjut perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan apakah kista tersebut mengecil atau membesar. 

Bagi ibu hamil yang mengalami kista, biasanya akan menimbulkan ciri-ciri kista saat hamil. Lalu, apa sajakah ciri-ciri kista tersebut ? Simak informasinya berikut ini : 

Ciri-Ciri Kista Saat Hamil Yang Harus Diwaspada

Mual Dan Muntah Berlebih

Mengalami mual dan muntah merupakan gejala-gejala saat hamil. Namun, jika mual dan muntah tersebut secara berlebih, maka kondisi ini harus diwaspadai, karena bisa saja kondisi ini merupakan salah satu ciri-ciri kista saat hamil. Mual dan muntah berlebih bisa disebabkan karena adanya cairan kista yang mengiritasi bagian dingding perut dan menyebabkan peradangan, sehingga menyebabkan mual dan muntah secara berlebih. 

Nyeri Pada Rahim 

Tumbuh kista pada saat hamil tentunya akan menimbulkan rasa nyeri dan rasa berbeda pada rahim. Kondisi ini akan semakin parah apabila kista tumbuh dengan ukuran yang besar dan terletak pada posisi dekat rahim. Sehingga hal ini menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan rasa berbeda pada rahim. 

Muncul Gejala Kista 

Kista yang muncul pada ibu hamil, menimbulkan gejala-gejala kista pada umumnya. Seperti : 

  • Nyeri Pada Bagian Tubuh 
  • Sakit Pada saat hubungan seksual 
  • Muncul Gejala yang mirip dengan kondisi penyakit Lain
  • Nyeri pada bagian tubuh 
  • Perut Penuh Dan Kembung 

Itulah beberapa ciri kista saat hamil, semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda mengenai kista ovarium. 

Terimakasih 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *