Kista Korpus Luteum Dan Gejalanya

Kista Korpus Luteum Dan Gejalanya – Selamat berkunjung kembali di situs kesehatan yang khusus membahas seputar penyakit kista ovarium dan solusi untuk mengatasinya.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit tentang kista korpus luteum yang merupakan salah satu jenis kista yang terbentuk saat siklus menstruasi.

Informasi Tentang Kista Korpus Luteum Dan Gejalanya

kista korpus luteum

Kista Korpus Luteum merupakan jenis kista yang terbentuk saat siklus menstruasi, tepatnya setelah terjadinya proses ovulasi atau proses keluarnya sel telur yang telah matang akibat pecahnya folikel yang disebabkan oleh naiknya LH ( luteinizing hormone ), dan dilanjutkan dengan rantai menstruasi yang lain yaitu LH beraksi dengan folikel yang telah pecah dan menghasilkan hormone esterogen dan progesterone dalam jumlah besar dan perubahan pada folikel inilah yang disebut korpus luteum.

Pada umumnya jenis kista ini dapat hilang sendiri tanpa adanya pengobatan. Tetapi pada beberapa kasus perlu mendapatkan penanganan ketika terjadi ketidaknormalan yang menyebabkan lubang pada folikel yang telah pecah tempat sel telur yang telah keluar dan terbuka ini menutup kembali dan akhirnya terdapat jaringan-jaringan yang mengumpul dan membesar menjadi kista yang disebut kista korpus luteum.

Gejala Kista Korpos Luteum

Gejala biasanya muncul ketika adanya penyumbatan aliran darah pada ovarium. Penyumbatan dapat terjadi ketika sel kista pecah atau karena ukuran kista yang besar. Berikut adalah beberapa gejala yang umum terjadi pada penderita kista korpus luteum :

  • Merasa terus kenyang
  • Nyeri sewaktu haid
  • Menstruasi menjadi terlambat. Telatnya haid bahkan bisa sampai dua gejala ini biasanya bertepatan dengan waktu /fase ovulasi normal. Yaitu pada hari ke 14 masa normal hai
  • Nyeri perut bagian bawah terutama jika sudah melakukan perubahan posisi duduk secara mendadak, jalan cepat dan hubungan seksual.
  • Sering merasa ingin buang air besar atau kecil

Penderita kista tingkat lanjut akan terjadapat benjolan pada daerah perut ketika diraba, kondisi tersebut menandakan bahwa kista telah berukuran besar dan perlu mendapatkan pengobatan.

Agaricpro Rekomendasi Untuk Mengatasi Kista Korpus Luteum
Kista Korpus LuteumKonsultasi & Pemesanan
Tlp/ Sms / Whatsapp : 0823.2030.3885

Kista korpus luteum memang bisa hilang sendiri tanpa pengobatan. Tetapi jika terdapat keluhan lain, maka kista tersebut perlu mendapatkan pengobatan agar tidak menghalangi Anda untuk memiliki keturunan.

Informasi Lainnya :

 

Kista Korpus Luteum Dan Gejalanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *