Penyebab Kista Ovarium Pada Remaja Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Kista Ovarium – Kista ovarium merupakan jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh wanita semua jenis kalangan usia. Kista ovarium merupakan kantung yang berisi cairan didalam maupun pada permukaan ovarius. Kista ovarium biasanya akan hilang dalam waktu beberapa bulan tanpa dilakukan operasi. Namun, jika kista ovarium tetap tumbuh dan berkembang maka kemungkinan besar akan menimbulkan komplikasi yang akan merugikan kesehatan tubuh. 

Kista ovarium lebih sering menyerang wanita yang masih berusia muda, dan sangat jarang sekali menyerang wanita yang sudah memasuki masa menopause. Pada sebagian besar penderita kista ovarium awalnya tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, ada beberpa kasus gejala yang sering muncul seperti : 

  • Menstruasi yang tidak teratur 
  • Rasa nyeri pada perut 
  • Nyeri pada pinggul 
  • Nyeri pada saat melakukan hubungan seksual 
  • Buang air besar dan kecil yang tidak teratur
  • Sensasi rasa penuh pada perut
  • Mengalami pendarahan pada vagina yang tidak normal

Baca juga : obat kanker serviks  

Perlu untuk anda ketahui, jika kista sudah membesar maka sebaikanya segera diobati, karena jika kista tersebut didiamkan maka akan mengalami pecah dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa yang disertai dengan rasa mual dan muntah. 

Penyebab Kista Ovarium Pada Remaja

Penyebab Kista Ovarium

Hingga saat ini, penyebab kista ovarium pada remaja belum diketahui dengan jelas apa penyebab yang sebenarnya. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa yang menjadi penyebab kista ovarium pada remaja seperti : 

  • Gangguan pada siklus menstruasi 
    Perlu untuk anda waspadai, siklus menstruasi yang tidak teratur atau mengalami  gangguan merupakan salah satu pemicu timbunya kista pada rahim. 
  • Kurang Konsumsi Makanan Berserat 
    Mengkonsumsi makanan yang mengandung banayk serta tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain mampu mengikat air dan melarutkan racun dalam tubuh, konsumsi makanan yang mengandung banyak serat juga sangat baik untuk kesehatan usus. Namun, tidak semua orang gemar mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak serat. Sebagain orang lebih gemar mengkonsumsi makanan yang siap saji, dan hal tersebutlah yang menjadi penyebab kista pada usia remaja. 
  • Pola Makan Yang Kurang Sehat 
    Konsumsi makanan yang kurang sehat tentunya sangat tidak baik untuk tubuh. Pola makan yang kurang sehat seperti makanan yang cepat saji, atau makanan yang mengandung bahan kimia dan pengawet juga merupakan salah satu penyebab tumbuhnya kista pada usia remaja. 
  • Faktor Genetik 
    Anggota keluarga atau orang tua yang memiliki riwayat penyakit kista ovarium, kemungkinan besar dapat mengalami hal yang sama seperti anggota keluarga lainnya. 
  • Kurang Berolahraga 
    Malas melakukan olahraga dan lebih senang berdiam diri adalah salah satu pemicu penyakit datang, salah staunya yaitu kista. Oleh karena itu, melakukan olahraga walaupun jenis olahraga tersebut terbilang ringan apabila dilakukan dengan secara rutin, maka akan menghindari risiko terkena penyakit lainnya tak terkecuali kista. 

Terimakasih sudah menyimak, semoga informasinya bermanfaat. 

One thought to “Penyebab Kista Ovarium Pada Remaja Yang Harus Diwaspadai”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *