Perbedaan Miom Dan Kista Ovarium

Perbedaan Miom Dan Kista – Kedua jenis penyakit ini merupakan jenis penyakit yang sering dianggap sama oleh masyarakat sekitar. Miom dan kista merupakan dua jenis tumor jinak pada organ reproduksi wanita. Meski  kedua penyakit ini berbeda, namun kebanyakan orang menganggapnya kedua penyakit ini sama. 

Kedua jenis penyakit tersebut sangat umum diderita oleh wanita, baik dewasa maupun lansia. Kista ovarium lebih banyak diderita oleh orang masa remaja sampai masa menopuse. Sedangkan miom lebih banyak diderita oleh wanita yang berusia 40 tahun ke atas dengan menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Kedua penyakit ini tidak boleh diabaikan karena bahaya kista bagi kesehatan akan mengancam keselamatan nyawa. 

Baca juga : waspada jenis makanan pemicu kista 

Nah, untuk mengetahui perbedaan kedua jenis penyakit ini. Kami akan membahas mengenai perbedaan miom dengan kista ovarium. Untuk itu, simak informasinya berikut ini : 

Perbedaan Miom Dan Kista Ovarium

Perbedaan Miom Dan Kista Ovarium

Perbedaan miom dan kista mudah dikenali dari bentuk dan letaknya. Miom yaitu adanya pertumbuha sel tumor yang bersifat jinak pada sekitar uterus (rahim). Sementara kista merupakan kantong yang berisi cairan yang terbentuk didalam ovarium atau indung telur. 

Perbedaan Miom Dan Kista Ovarium Berdasarkan Penyebabnya antara lain : 

  • Faktor generik. Jika keluarga anda pernah memiliki miom, maka anda juga dapat berpotensi tinggi memiliki miom. 
  • Hormon. Hormon esterogen dan progesteron yang diproduksi didalam ovarium bisa memicu pertumbuhan miom. 
  • Menstruasi terlalu dini. Wanita yang mengalami menstruasi sejak dini seperti dibawha usia 10 tahun memiliki risiko terkena miom lebih tinggi. 

Perbedaan Miom Dan Kista Berdasarkan Gejala : 

Pertumbuhan miom sering tidak terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala, terlebih jika ukurannya masih kecil dan jumlahnya hanya sedikit. Kista ovarium dan miom biasanya dapat terdeteksi melalui pemeriksaan USG. Namun, pada kasus miom biasanya ditandai dengan adanya kasus pendarahan pada vagina, perut kram, sering buang air kecil, serta nyeri panggul saat menstruasi. 

Berbeda dengan kista ovarium. Meski jarang menimbulkan gejala, namun kista ovarium dapat menimbulkan gejala pada saat kista membesar. Gejala yang akan muncul biasanya sepoerti perut membesar, mual, muntah, nyeri pada payudara, sakit saat berhubungan seksual, serta sakit dipunnggung belakang. 

Demikianlah informasi ini kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 

One thought to “Perbedaan Miom Dan Kista Ovarium”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *