Penyebab Perdarahan Diluar Siklus Haid

Penyebab perdarahan diluar siklus haid akan kami bahas pada kesempatan kali ini yang mungkin beberapa wanita di Indonesia pernah mengalami hal tersebut. Tetapi sebelumnya mari simak terlebih dahulu tentang haid dan proses terjadinya.

Haid / Menstruasi

Haid atau mestruasi adalah keadaan normal wanita sebagai siklus bulanan, berupa keluarnya darah dari Rahim setelah ovulasi secara berkala yang disebabkan oleh terlepasnya lapisan endometrium Rahim. ( Penyebab Perdarahan Diluar Siklus Haid )

Penyebab Perdarahan Diluar Sikulus Haid

Mesntruasi ini pertama kali muncul pada wanita pada usia antara 11 – 14 tahun yang disebut menarche, dan menstruasi ini akan berhenti pada saat menopause kira – kira pada usia 51 tahun. Menstruasi ini terjadi kurang lebih 3 sampai dengan 5 hari dengan siklus perbulannya berbeda – beda, pada wanita dewasa siklus akan terjadi antara 21 – 35 hari, sedangkan pada remaja dapat terjadi antara 21 – 45 hari.

Proses haid / menstruasi, yaitu :

  1. Pada hari 1 adalah hari pertama keluarnya darah mens. Kejadian ini muncul setelah hormon turun secara drastis pada akhir siklus sebelumnya;
  2. Hari ke 7 biasanya perdarahan berhenti. Pada saat ini, hormon mulai meningkat kembali yang mengakibatkan kantung berisi cairan (folikel) mulai berkembang pada ovarium. Di dalam kantung tersebut terdapat juga sel telur;
  3. Antra hari ke 7 dan 14, 1 folikel akan bekembang dan menjadi matang, selain itu lapisan rahim menjadi menebal, menunggu sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan tersebut;
  4. Kira – kira pada hari ke 14 (untuk siklus 28 hari) terjadilah ovulasi dimana folikel matang mengeluarkan sel telur dari ovum;
  5. Selama beberapa hari, sel telur berjalan kearah rahim melewati tuba falopi. Jika sel telur ini dibuahi di tuba falopi maka akan menempel di Rahim;
  6. Jika telur tidak dibuahi, hormon akan turun kembali yaitu kira – kira pada hari ke 25. Dengan tanda ini maka siklus menstruasi akan mulai kembali.

Selain keluarnya darah, pada saat menstruasi atau sebelum menstruasi akan mengeluh beberapa gejala seperti, nyeri kram pada perut atau panggul, sakit pinggang, kembung, sakit pada payudara, mudah tersinggung, nyeri kepala, lemas dan terasa pusing.

Penyebab Perdarahan Diluar Siklus Haid Atau Menstruasi

Ada beberapa wanita yang mengalami perdarahan diluar siklus mentruasi, dan hal tersbut biasanya memicu menjadi kecemasan yang berlebihan bagi yang mengalaminya. Lantas apa sebenarnya penyebab perdarahan tersebut ?

Penyebab Perdarahan Diluar Siklus Haid

Penyebab Perdarahan Diluar Siklus Haid – Timbulnya darah diluar siklus menstruasi dapat disebabkan oleh beberapa hal, tergantung apakah hanya berupa flek atau darah yang cukup banyak seperti menstruasi, apakah ada darah terjadi setelah berhubungan, apakah menggunaak KB tertentu, dsb. Berikut beberapa kemungkinan penyebab timbulnya perdarahan diluar siklus, seperti :

  • Kelelahan
  • Stres
  • Perubahan hormonal (misalnya: gangguan fungsi indung telur, gangguan kelenjar tiroid, pemakaian KB)
  • Kekeringan vagina dan erosi vagina
  • Kista ovarium
  • Radang panggul
  • Endometriosis
  • Gangguan pembekuan darah
  • Kanker serviks
  • Servisitis Kronis, dll

Untuk memastikan penyebab perdarahan tapi bukan menstruasi, perlu pemeriksaan secara klinis dan keterangan yang lebih akurat.

Penyebab Perdarahan Diluar Siklus Haid
Khasiat Agaricpro :
=>
Melancarkan Haid
=>
Mengatasi Keputihan
=>
Mencegah dan Mengatasi Nyeri Berlebih Saat Haid
=> Menghailangkan Kista Pada Ovarium
=> Mengobati Servisitis
=> Mencegah dan Mengobati Kanker Serviks, dll.
Untuk Anda yang ingin mencoba Agaricpro untuk mengatasi masalah Anda, silahkan hubungi 082320303885 untuk pembelian produk atau konsultasi.

Demikian pembahasan mengenai haid dan penyebab perdarahan diluar siklus haid yang sangat penting dikatahui oleh semua wanita usia remaja.

Penyebab Perdarahan Diluar Siklus Haid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *